Senin, 09 Oktober 2017

Mau Tahu Kelebihannya Windows 10?

Haha. Sebetulnya informasi ini sudah rada-rada basi, atau malah sudah basi sekali. Tapi barangkali masih ada yang membutuhkan.

Windows 10, yang membuat menarik darinya, adalah tampilan visualnya. Dengan gaya solid color, Windows 10 menjadi Sistem Operasi yang eksklusif. Ada pendapat, bahwa gaya Windows 10 yang menawan seperti sekarang ini, selain untuk pembaharuan, juga merupakan “penebus dosa” dari terciptanya Windows 8. Bagi pembaca yang sedang atau pernah menggunakan Windows 8, pasti paham di mana letak ribetnya. Di sisi lain, tidak jarang para pengguna Windows yang masih betah menggunakan Windows 7. Memang harus di akui, bahwa Windows 7adalah produk Microsoft yang paling user friendly. Mudah dipelajari dan  digunakan berbagai kalangan.

Hasil gambar untuk Win 10

Tetapi, bagi yang sudah atau ingin move on dari Windows 7, lantas beralih ke Windows 10, silahkan lihat dulu poin-poin unggulan berikut ini:

·         Perlakuan Istimewa dari Microsoft
Yang pertama, dan yang utama, Windows 10 adalah anak kesayangannya Microsoft. Bill gates dan kawan-kawan mengurus sistem operasi ini dengan sangat maksimal, dan hal ini tidak ada pada versi Windows sebelumnya. Dalam hal ini, Microsoft mengusung konsep “Windows as a Service”, yang membuat Bill gates dan kawan-kawan memberikan waktu, tenaga dan seluruh kemampuan terbaiknya untuk OS Windows kesayangannya tersebut. Berbagai pengembangan tentunya selalu dilakukan dengan maksimal. Karenanya, perubahan yang ada pada Windows 10 sangat bisa dirasakan.

·         Fitur-fiturnya Modern
Fitur-fitur dalam Windows 10 adalah program-program yang up to date. Kita bisa melihat Windows 10 yang sinkron dengan penyimpanan awan, yakni One Drive, yang tidak terdapat pada versi Windows terdahulu. Selain itu, dari segi pengaturan atau settings yang saling sinkron dengan perangkat-perangkat yang ada. Rata-rata, fitur yang ada di Windows 10 berkonsep Always Sync, yang tentunya memudahkan aksesnya, di zaman yang serba internet. Tidak lupa juga, hadirnya “Microsoft Edge” sebagai browser yang moderen.

·         Bisa Diandalkan untuk Gaming
Poin ini merupakan kabar gembiranya para gamers. Bagi para gamers yang aktif, menggunakan Windows 10 bisa menjadi pilihan yang nyaman. Di samping itu, Windows 10 dilengkapi DirectX 12 yang memang dioptimasikan untuk perangkat keras atau hardware modern. Nah, yang membuatnya spesial dalam hal game adalah, terdapat fitur Game Mode yang mempunyai performa memuaskan ketika bermain game.

·         Desktop Experience yang Lebih Baik
Pada Windows 10, Desktop Experience tersedia lebih baik. Terlebih lagi untuk kegiatan yang produktif. Selain itu, Split Screen yang fleksibel, ada juga Virtual Desktop yang dapat digunakan untuk memonitor lebih dari satu aplikasi dengan terpisah.

·         Keamanan yang Lebih Baik
Update Security atau Keamanan dari Windows 10 dikemas dengan sangat aktif dan modern, dan hal ini tidak terdapat pada versi Windows sebelumnya. Seperti fitur Windows Hello, di mana pengguna dapat locking dan unlocking dengan sidik jari atau fingerprint. Menariknya, para pengguna juga bisa membukan kunci dengan program fingerprint dari Samsung smartphon.
Selain itu, Windows Defender juga merupakan fitur keamanan yang efektif. Terdapat fitur proteksi folder yang bisa membuat data aman dari serangan ransomware. Dengan demikian, para pengguna Windows 10 tidak diharuskan menggunakan program Antivirus pihak ketiga atau eksternal, karena dari Windows pun sudah cukup efektif.

·         Proses Aktivasi yang Praktis
Untuk para pengguna  Windows 10 yang selalu terhubung dengan Microsoft Acoountnya, maka beruntunglah. Sebab, ketika instalasi ulang Windows 10 pada waktu-waktu mendatang, tak perlu lagi memasukkan Product Key dari awal. Setiap detil informasi dari instalasi dan aktivasi Anda di awal, jika memang terhubung dengan Akun Microsoft, akan tersimpan secara otomatis berbentuk Digital Entitlement Lincese. Ketika proses instalasi, pengguna tinggal melewati proses pengisian product key. Begitu pengguna terhubung ke Akun Microsoft, Windows 10 langsung aktif dan siap digunakan.

·         Windows Store
Nah, Windows 10 juga punya Windows Store, seperti halnya App Store di Mac, atau Ubuntu Software Center di Linux Ubuntu. Fitur semacam ini merupakan yang pertama kalinya di sistem operasi Windows. Dilengkapi dengan beragam aplikasi, Windows Store seperti menjadi fitur yang menjanjikan bagi masa depan Microsoft. Oleh karenanya, Microsoft merangkul para pengembang aplikasi atau developer, untuk mengembangkan program-program mereka ke Windows Store.
Untuk proses instalasinya juga cukup mudah dilakukan, seperti menginstal aplikasi di PC atau smartphone pada umumnya. Fitur update otomatis juga tersedia. Jadi, pengguna tak perlu repot mengupdate aplikasinya secara manual.

·         Tampilan yang Support dengan Berbagai Perangkat
Hal ini tentu saja mempermudah para penggunanya. Dengan tampilan yang support dengan berbagai perangkat, maka pengguna bisa menikmati Windows 10 dengan menggunakan gadget atau tablet. Tanpa mesti khawatir ukuran layarnya tidak sesuai.
Di samping itu, para pengguna juga bisa menikmati kecanggihan dari Windows 10 dengan fitur “Tablet Mode” yang bisa berfungsi secara optimal, sehingga memungkinkan penggunanya untuk lebih produktif.

Begitulah kurang lebihnya mengenai kelebihan dari Windows 10. Sebetulnya masih banyak kelebihan yang terdapat pada OS Windows 10, tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda langsung mencobanya sendiri (bukannya promo lho!). Toh, ini cuma semacam review saja. Heheu.

1 komentar: